Image : Canva.com

Tutorial Mempublish web ke 2 : Instalasi SSL Let’s Encrypt

Tutorial Mempublish web ke-2 : Instalasi SSL Let’s Encrypt –  Sebelumnya kita harus tau apa itu Let’s Encrypt ? Let’s Encrypt adalah organisasi non-profit dari Linux Foundation yang menyediakan SSL gratis dengan enkripsi standar untuk seluruh pemilik website. SSL ini memiliki validasi waktu 90 hari dan menggunakan protokol ACME (Automatic Certificate Management Environment) yang dapat melakukan pembaruan otomatis setiap 90 hari.

Certificate Authority

CA (Certificate Authority) adalah bertugas untuk menangani kriptografi saat melakukan penerbitan sertifikat. Sebagian besar CA bekerja secara komersil dan memerlukan uang untuk melakukan verifikasi. Namun, Let’s Encrypt membuatnya lebih mudah tanpa harus mengeluarkan sejumlah uang untuk memverifikasi, sebab Let’s Encrypt mengandalkan dana yang didapat dari sponsorship atau donasi dari para pengguna.

Cara Kerja Let’s Encrypt

Let’s Encrypt SSL menawarkan sertifikat SSL dengan metode Domain Validated, yaitu yang bisa melakukan request hanya pemilik domain atau website tersebut dengan memberikan sebuah token yang unik dan kemudian membuat sebuah request DNS untuk mengambil key dari token yang diberikan.

Baca Juga :   Tutorial Mempublish Web ke 4: Daftar Google Webmaster

Saat melakukan instalasi ada dua pilihan, http-01 dan dns-01. Http-01 adalah HTTP Validation yang melihat key pada file teks. Di sisi lain, dns-01 adalah DNS Validation yang melihat key pada DNS Records.

Kemudian, Let’s Encrypt akan memberikan token dan key, yang kemudian secara otomatis akan tersimpan di File Manager pemilik domain dengan path /public_html/.well-known/acme-challenge jika verifikasi tersebut valid, maka Let’s Encrypt dapat dipasang.

Setelah mengikuti tutorial pertama tentang menguploud wordpress ke hosting. Selanjutnya kita akan instalasi SSL Let’s Encrypt. Buat kamu yang awam tentang dunia blog inti dari  SSL Let’s Encrypt adalah mengubah alamat kamu yang awalnya http:// menjadi https://. Tujuannya agar blog kamu lebih aman. Tidak banyak basa-basi. Jom Kita praktekan!

sumber:unsplash.com
 
Langkah pertama, kamu harus login terlebih dahulu ke cPanel.
 
 
sumber:alfinarahmawati19.com
 
Langkah dua, cari menu Lets Encrypt lalu klik menu tersebut.
 
 
sumber:alfinarahmawati19.com
 
Langkah ketigakamu akan melihat tampilan seperti ini. Kamu bisa mengklik  button Run AutoSSL.
 
sumber:alfinarahmawati19.com
 
Jika sudah selesai. Sekarang, coba ketikkan https://namadomain(dot)com pada web browser kamu. Biasanya Domain yang telah terinstall sertifikat SSL akan berubah dari HTTP ke HTTPS.
 
Langkah keempat, Jika kamu ingin  membuat HTTPS menjadi default, kamu bisa  tambahkan kode berikut pada file.htaccess  di public_html.
 
RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]
 
Langkah kelima, melakukan penyettingan di wordpress. Caranya kamu ke menu settings cari wordpress addres (Url) dan Site Addres URL. Lebih lengkapnya kamu bisa melihat  gambar dibawah ini.
 
 
 
sumber:alfinarahmawati19.com
Langkah keenammengubah link Interal dari http ke https. Saya merubah link internal dengan menggunakan plugin  Velvet Blues Update URLs. Caranya gamppang banget, kamu hanya perlu masuk ke menu Tools > Update URLs. Kemudian masukkan url blog kamu  saat sebelum menggunakan HTTPS di Old URL dan masukkan url setelah menggunakan HTTPS. Kemudian klik tombol Update URLs NOW.
 
sumber:alfinarahmawati19.com
Langkah ketujuh, Cuma mau bilang kamu berhasil mengubah http menjadi https.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *