Image : Canva.com

Tutorial Mempublish web ke 1 : Upload WordPress ke Hosting

Tutorial Mempublish web ke-1 : Upload WordPress ke Hosting – Sebelumnya mengaploud wordpress ke hosting ada baiknya kamu membaca dua hal yang harus dipersiapkan sebelum mempublish web. Selanjutnya kita akan melakukan beberapa proses hingga website kamu berhasil dipublish. Tutorial ini diperuntukkan untuk kamu pengguna wordpressnya. Jom!

Langkah pertama. Pastikan kamu sudah menyewa hosting dan domain. Dua hal tersebut merupakan syarat utama dalam proses mengploud wordpress ke hosting. 

Langkah kedua.  Kita harus backup database terlebih dahulu agar tidak hilang. Caranya kamu buka browser lalu ketikkan url seperti ini phpmyadmin atau https://127 .0.11/phpmyadmin/.  Lalu cari nama database yang kamu buat untuk wordpress. Jika sudah kamu akan melihat beberapa file. Kita harus mengexport database terlebih dahulu. Kamu bisa cari export lalu cari format SQL lalu klik Go. Lebih jelasnya kamu dapat melihat gambar dibawah ini.

Catatan : Setelah mengklik  go kamu akan mendapatkan file berformat  .sql. Simpan file tersebut dimana saja. Jangan sampai hilang karena file tersebut berguna untuk proses selanjutnya.

sumber: alfinarahmawati19.com

Langkah ketiga.  Kita harus backup Data Blog Dan Dibuat Ke Format ZIP. Dengan cara  masuk ke folder htdocs dimana data blog kamu berada seperti, C:\xampp \htdocs\folder_blogmu.

Baca Juga :   Membuat Blog di Blogspot

Selanjutnya blog semua file dengan mouse atau keyboard gimana nyamanya kamu aja. Lalu file yang kamu blog ekstrak ke format ZIP. Pastikan ketika menguploud file kamu sudah berformat ZIP.

Langkah keempat.  Kita membuat nama database di hosting. Karena saya membeli hosting dan domain di domanEsia jadi saya sesuaikan dengan cara masuk domainEsia. Kamu harus masuk terlebih dahulu ke Cpanel.

sumber: alfinarahmawati19.com

Untuk nama penggunan dan kata sandi disesuaikan dengan informasi yang diberikan domainEsia ke email Kami. Setelah berhasil kamu cari menu Mysql Databases, disini kita akan mulai membuat database dihosting.

sumber: alfinarahmawati19.com

Agar lebih jelas kamu bisa melihat gambar dibawah ini. Beri nama database yang kamu inginkan dan mudah diingat.

sumber: alfinarahmawati19.com

Setelah membuat database, kita juga membuat user/create user. Nah kamu akan melihat gambar seperti ini.

sumber: alfinarahmawati19.com

Isi informasi yang dibutuhkan. Lalu klik create user. Oh iya ges, untuk password harus diingatnya. Karna password sangat penting untuk proses selanjutnya.

Selanjutnya kita akan menghubungkan database dan user. Cari form seperti ini!

Baca Juga :   Contoh Soal Distribusi Probabilitas Diskrit

sumber: alfinarahmawati19.com

Untuk user masukkan nama user yang kamu buat tadi, begitu juga dengan databasenya. Klik Add dan kamu akan melihat tampilan seperti ini.

umber: alfinarahmawati19.com

Centang All privileges dan setelah itu jangan lupa klik Make change

Langkah  kelima. Dilangkah kelima ini kita akan mengploud database kamu tadi. Untuk menguploud database kamu caranya sama seperti langkah kedua  perbedaanya  jika tadi kamu  masuk ke MySQL® Databases kali ini kamu akan masuk ke phpMyAdmin. Di phpMyadmin kamu cari menu import.

Kemudian pilih database yang sudah kamu simpan dan Klik Go.

Setelah selesai menguploud database, kamu cari tabel option didatabasemu . Kita akan mengedit baris siteurl dengan cara klik kanan>edit. Pada form option kita akan mengganti value yang awalnya http://localhost/wordpress/  menjadi domain kamu yang sudah terkoneksi dihosting, contohnya “https://www.alfinarahmawati.site” . setelah selesai klik tombol Go. Lakukan hal yang hal yang sama untuk baris home.

sumber: alfinarahmawati19.com

Langkah keenam, melakukan upload file blog ke hosting. Caranya masuk ke Cpanel Kembali ke beranda Cpanel. Lalu cari File Manager dan di klik. Upload file  yang sudah di buat ZIP tadi. Dan setelah seleasi di uploud Extract file tersebut. Kamu harus pastikan diupload dalam folder public_html.

Baca Juga :   Perbedaan Wordpress dan Blogspot

sumber: alfinarahmawati19.com

sumber: alfinarahmawati19.com

Langkah ketujuh. Melakukan setting konfigurasi wordPress

Kamu sudah mengUpload dan Extract maka akan muncul berupa file yang sama di localhost yang kamu buat secara offline. Nah, selanjutnya cari file wp-config.php dan klik kanan pada file tersebut lalu pilih Edit.  Cari kode berikut ini dan ubah sesuai dengan data dari pembuat database tadi. Setelah itu klik tombol Save Changes.

define(‘DB_NAME’, ‘isi_nama_database_yang_dibuat_tadi‘);

/** MySQL database username */
define(‘DB_USER’, ‘isi_nama_user_yang_dibuat_tadi‘);

/** MySQL database password */
define(‘DB_PASSWORD’, ‘isi_password_user_yang_dibuat_tadi‘);

Setelah melakukan 7 langkah untuk menguploud wordpress  ke hosting, saya harap kamu berhasil melakukannya. Untuk mengecek apakah kamu berhasil atau tidak kamu bisa ketikkan namadomainkamu.com/wp-admin. Jika berhasil kamu akan melihat tampilan seperti ini,

sumber: alfinarahmawati19.com

pilih bahasa yang ingin kamu gunakan.

sumber: alfinarahmawati19.com

Setelah kamu menekan tombol continue kamu akan melihat tampilan seperti gambar diatas dan isi form tersebut.

Gambar diatas merupakn tampilan yang menunjukkan kamu sukses masuk secara online ke wordpress.


Demikianlah tutorial Upload WordPress ke Hosting.  Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *