Dampak Domain Tidak Diperpanjang Terhadap Website Anda

Image : Canva.com

Dampak Domain Tidak Diperpanjang

Dampak Domain Tidak Diperpanjang  – Domain memudahkan pengguna internet untuk mengakses server. Selain itu, domain membuat pengguna lebih mengingat nama server yang pernah dikunjungi tanpa harus menghapal deretan angka yang rumit yang biasa kita kenal dengan sebutan IP Address.

Lalu apa yang akan terjadi jika lupa perpanjang domain?

Kesibukan seseorang smenjadi salah satu faktor yang seringkali membuat orang tersebut melupakan hal-hal yang mungkin dianggap sepele tetapi sebenarnya sangat penting. Contohnya seperti lupa memperpanjang domain. Jika kamu memang tidak membutuhkan domain tersebut tidak masalah, namu akan menjadi masalah jika kamu masih ingin menggunakannya karena cukup berdampak terhadap website apalagi jika menggunkan website untuk mengembangkan bisnis tentu akan berpengaruh untuk perkembangan bisnis yang sedang kamu kembangkan.

Setidaknya ada 4 hal yang terjadi jika kamu lupa melakukan perpanjangan domain, diantaranya:

1. Website Kamu akan di Suspend. Suspend merupakan pemberhentian website dalam jangka waktu tertentu. Hal  tersebut tentunya akan berdampak terhadap website kamu. Domain biasanya memiliki masa aktif 1 tahun. Namun ada juga yang masa aktifnya selama 2 tahun bahkan 10 tahun.Hal tersebut tergantung kamu saat melakukan pendaftaran domain dengan paket domain berapa lama yang kamu pilih. Saat kamu lupa melakukan perpanjangan domain dan sampai masuk masa expired dan akhirnya domain kamu tidak dapat digunakan lagi.

Baca Juga :   Tata Cara Pengaturan Plugin Di Wordpress

2. Kamu harus Membayar Denda Keterlambatan. Sesuatu yang ingin diperpanjang jika sudah memasuki masa tenggang biasanya akan dikenai biaya keterlambatan. Sama halnya dengan perpanjangan domain. Biasanya kamu akan diberi waktu tenggang untuk melakukan perpanjangan sebelum domain kamu benar-benar tidak dapat lagi digunakan. Tentunya kamu harus membayar denda keterlambatannya dan itu membuat kamu harus mengeluarkan uang ekstra.

3. Email Domain Kamu Tidak Dapat Digunakan. Biasanya jika lupa memperpanjang domain dan hosting secara otomatis kamu tidak dapat lagi menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh penyedia layanan hosting dan domain. Salah satunya layanan email. Email domain merupakan salah satu fasilitas yang ada di web hosting yang bisa digunakan untuk mengirimkan email menggunakan nama domain yang kamu miliki tidak dapat lagi menggunakan email Gmail atau Yahoo.

4. Pengunjung akan Bingung dan Reputasi Website akan Turun. Apabila domain kamu tidak diperpanjang tentunya website tidak dapat lagi diakses oleh pengunjung. Apalagi kamu yang memanfaatkan website sebagai tempat jualan online. Tentunya akan berpengaruh terhadap pendapatan dan kamu harus siap kehilangan pembeli.

Baca Juga :   Mengatasi Iklan Adsense Yang Dibatasi

5. Rangking SEO akan Turun. Hal ini menurut saya paling penting untuk diketahui selain keempat yang tadi, kamu juga akan merasakan website yang sudah tidak menjadi urutan teratas di search engine. Apalagi untuk menaikan SEO sangat sulit. Kamu akan kehilangan urutan SEO hanya tidak memperpanjang domain.

Demikianlah pembahasan mengenai Dampak Domain Tidak Diperpanjang Terhadap Website kamu. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *